Kenapa Saya Tidak Lagi Menggunakan AdNow di Blog?

Adnow native ads

Saat saya menulis ini, jam dinding kamar saya menunjukan jam 00.23 WIB. Tulisan ini tidak akan terlalu detail dan panjang.

Halo, saya mau klarifikasi lagi, mengenai tulisan saya sebelumnya di “Dari AdNow saya mendapatkan 120 Juta lebih“. Tulisan itu memang benar tulisan saya, dan saya menulis itu tahun 2017.

Banyak yang tanya, blog apa sih yang saya gunakan saat itu?

Jadi blog yang gunakan saat itu adalah laksani.com. Blog itu sangat sejalan dengan iklan-iklan yang ada di AdNow.

Pada saat saya memasang AdNow di blog tersebut, trafik yang ada di blog itu terbilang tinggi. Lebih dari 1 Juta pengunjung per bulan organik. Tentang bagaimana saya bisa mendapatkan pengunjung, saya tidak bisa bicarakan banyak.

Yang pasti, saya melakukan optimasi SEO onpage dan offpage yang saya yakin teman-teman pembaca juga sudah tahu.

Tetapi, jika banyak yang minta, saya akan tuliskan di blog ini tentang teknik SEO tersebut. Komentar saja di bawah, tuliskan apa alasannya. Kenapa saya harus menulis nya.

Tidak Memasang AdNow

Pertanyaan selanjutnya yang sering saya terima sekarang adalah, kenapa saya tidak memasang AdNow lagi?

Perlu teman-teman ketahu, bahwa saat ini saya sudah bekerja sebagai full-time programmer dan part-time blogger. Apa artinya itu?

Artinya saya tidak punya begitu banyak waktu untuk mengurus blog. Sekarang blog yang saya kelola hanya blog ini, blog personal saya, dan laksani.com itu. Itu pun dengan update yang seadanya.

Nah untuk memasang iklan AdNow atau sejenisnya selain dapat komisi, tentunya harus ada harga yang saya bayar.

Pertama adalah kecepatan situs. Kedua adalah waktu saya untuk memanage iklan-iklan tersebut.

Nah kedua alasan tersebut, berefek langsung terhadap SEO.

Kita tahu bahwa kecepatan web adalah segalanya, google akan menurunkan peringkat web yang memiliki kecepatan rendah. Dan banyaknya iklan salah satunya yang membuat kecepatan web lambat.

Nah alasan kedua, saat saya masih memsang iklan AdNow, saya tidak mempunyai kontrol terhadap iklan yang akan ditampilkan di web. Terkadang iklan AdNow ada yang senonoh.

Karena itu, tentu saya tidak mau dong trafik saya turun apalagi di penalti google.

Kesan dan Saran

Selama saya memasang iklan AdNow, saya cukup puas. Iklan native mereka benran blind-in dengan konten. Apalagi jika dipasangkan dengan related articles di bawah tulisan.

Rate RPM yang mereka berikan sangat kompetitif. Bisa dilihat dari screenshoot pendapat saya di link ini.

Apakah AdNow bagus?

Ya, saya pastikan. AdNow membayar para publishernya. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman pribadi saya.

Mengenai alasan kedua saya di atas. Sebenarnya kamu tidak usah pusing-pusing. Karena menurut AdNow sendiri iklan mereka bisa dipasangkan berbarengan dengan AdSense.

Artinya adalah, iklan mereka memenuhi guidlance google.

 

{ 4 comments… add one }
  • Hinayume 01/03/2019, 4:22 pm

    saya baru 4 hari masang adnow tiba-tiba trafik saya turun, entah apa itu penyebabnya yang jelas sehari setelah pasang iklan visitor berkurang.. mungkin lebih baik dihapus saja ya iklannya

    • Nadiar AS 14/03/2019, 9:21 pm

      Sangat mungkin. Alasannya begini. Salah satu faktor SEO itu kan speed. Seberapa cepat web diakses. Semakin cepat semakin bagus.

      Nah biasanya, web yang cenderung lambat diakses, penaltinya adalah posisi SERPnya turun.

  • snakepit 05/03/2019, 7:33 am

    Nih saya yg pertama komen minta dijelasin teknik SEO-nya, mudah2an banyak komen nyusul, walaupun gak dijelasin berapa angka banyak itu? Hahaha…

    Alasannya, sy udah nyerah dengan trafik ribuan namun pendapatan cuma $0.5/hari dari adsense. Berat di ongkos VPS, ujung2nya blog pada dilelang di ads.id. Duitnya dipake main crypto, eh malah lebih parah.

    Skrg pengen mulai lagi, tapi udah skeptis, makanya butuh formula baru, dan kayaknya laksani dgn trafik +1jt/bln itu bisa memantik.

    Oh iya, tambahan. Strategi main afiliasi itu gmn? Soalnya dari jaman kuliah ampe skrg sy juga masih setia dgn hawkhost.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.