Free File Recovery: 5 Software Mengembalikan File Terhapus Terbaik

Data saya terhapus, bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus? Jawabannya dengan memakai software file recovery. Dengan aplikasi ini, kita hampir bisa mengembalikan file terhapus 100%.

Jangan khawatir tentang lisensi, software file recovery yang saya tulis di bawah 100% free software. Saya sudah mencobanya, memang benar software tersbut mengembalikan data yang terhapus di flashdisk, hardish, dan SD Card yang saya uji.

Tetapi, meskipun kita memiliki software file recovery, jangan pernah dengan sengaja memformat atau menghapus file dengan alasan adanya software file recovery.

Karena, tetap yang paling aman adalah backup. Usahakan kita memiliki backup terhadap file kita, minimal setiap 7 hari.
cara mengembalikan data yang terhapus

File Recovery

5 Best File Recovery Software

Membangkitkan yang sudah “mati” tidak hanya terdapat pada cerita fiksi, hal ini juga ada di dunia komputer. Data yang raib tersebut bisa kembali “hidup” tanpa perlu pusing-pusing.

Hal ini bisa dibantu dengan aplikasi recovery, fitur ini sudah ada di windows 7, tetapi di sini saya tidak berbicara itu saya akan membahas aplikasi recovery yang handal tetapi tentunya gratis.

Jangan salah, bukan artinya setiap data yang raib tersebut bisa dikembalikan. Pada kenyataannya tidak 100% aplikasi recovery bisa mengembalikan data yang telah hilang. Berikut pilihan aplikasinya.

1. Pandora Recovery

Pandora Recovery merupakan salah satu free software recovery terbaik yang ada. Pandora Recovery sangat mudah digunakan dan memiliki UI yang bersih. Pada saat menjalankan Pandora Recovery, kita akan dibantu dengean wizard mereka.

Pandora Recovery, bisa mengembalikan file terhapus dari hard drive, flash disk, dan memory card. Kebanyakan file yang bisa terselamatkan dari Pandora Recovery adalah file gambar dan dokumen.

Pandora Recovery berjalan pada beberapa sistem operasi Windows, download software file recovery pandora recovery.mengembalikan data yang terhapus

Tampilan Pandora Recovery

2. Recuva

Recuva memiliki tampilan yang bagus dan sangat mudah digunakan untuk awam sekalipun. Sama seperti pandora, recuva bisa mengembalikan data yang terhapus dari hard drive, flash, disk, dan memory card.

Yang menarik dari recuva, mereka mempunyai advanced option yang cukup banyak.

Recuva mendukung sistem operasi Windows 8, 7, Vista, XP, Server 2008/2003, dan Windows yang cukup jadul seperti 2000, NT, ME dan 98. Recuva juga memiliki veri 64bit.

Download Recuva.

3. Glary Undelete

Glary Undelete masih satu saudara dengan Glary Utilities. Glary Undelete tidak kalah dari Recuva dan Pandora Recovery, apalagi mereka memiliki UI yang sangat bagus.

Dengan Glary Undelete, kita bisa melihat folder dengan mudah. Gayanya hampir sama dengan windows exploler. Ketika kita berhasil me-recovery file, glary undalete akan memberi notifikasi.

Yang tidak saya suka dari glary undelete, mereka mewajibkan kita untuk menginstall tolbar mereka sebelum kita menginstall glary undaelete.

Glary undelete mendukung Windows 7, Vista, XP, Server 2008/2003, 2000, dan NT. Download Glary Undelete.

4. FreeUndelete

Free undelete tidak jauh berbeda denga file recovery yang lain. Yang membedakan mereka mempunyai tampilan yang cukup unik, seperti folder yang bisa didrill

Download FreeUndelete.

5. Restoration

Restoration merupakan salah satu data recovery paling mudah digunakan. Mereka memiliki UI yang sangat simpel dan mudah dipakai untuk awam sekalipun.

Yang menarik, Restoration bisa diinstall pada flash disk atau hard drive exsternal.

Download Restoration.

Yang Saya Pilih…

Nah, dari semua aplikasi di atas, saya paling suka dengan Pandora Recovery, kenapa? karena cara pandora mengembalikan data termasuk mudah, tetapi cara rcoverynya termasuk yang paling “dewa”. Foto yang pernah saya hapus 6 bulan lalu, berhasil de-recovery dengan Pandora Recovery.

Saya sangat merekomendasikan Pandora Recovery untuk mengembalikan file terhapus yang cukup lama.