≡ Menu

Saya Mulai Memikirkan Memotong Biaya Hosting

Setiap bulan setidaknya ada 45 USD yang saya habiskan untuk membayar hosting, jika dipikir-pikir setahun saya bisa habis 540 USD! Tentu, hal ini dulu sangat wajar karena saya menghost enam domain dan salah satu domain memiliki trafik yang cukup besar.

Tetapi itu dulu, saat satu web itu bisa mendatangkan 20k pengunjung per harinya. Sekarang? hanya 6k. Saya kira saya sudah harus mulai memikirkan downgrade!

Lesson Learned

Saat lagi rame-ramenya, saya hanya memikirkan hosting yang bisa scale-up dengan bagus/seamless. Ya, saya sudah mencoba dan migrasi banyak hosting sampai cloud hosting sekaligus mulai dari CloudKilat, HawkHost, DigitalOcean, Linode, sampai akhirnya saya menghost di CloudWays cukup lama. Capek memang backup dan restore, tapi bisa dibilang it was really fun!.

Nah, sekarang hal yang saya pikirkan bukan hanya scale-up yang gampang, tetapi juga scale-down! Rugi saya harus membayar resources yang tidak terpakai.

Beberapa Alternatif

Saat ini saya sudah mengantongi beberapa alternatif di kepala. Pertama adalah Qwords, kedua StableHost, dan Ketiga kembali ke HawkHost. Untuk Qwords dan StableHost, saya belum pernah mencoba sama sekali. Untuk itu saya lagi mambaca review-review tentang mereka.

Sekilas tentang Qwords

Kenapa saya mengantongi Qwords, tidak hosting yang lokal yang lain? Yang langsung terpikir di kepala saya adaah pengalaman Qwords yang sudah cukup lama, berdiri sejak 2005. Harusnya dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, bisa menjadikan mereka salah satu yang terbaik secara umum, dan khususnya untuk urusan scale-up/down. Selain itu juga pertimbangan harga, yang tidak terlalu murah dan terlalu mahal.

* Hati-hati dengan harga yang tidak wajar, karena harga yang sangat murah sangat mungkin menjadikan hosting tersebut oversell.

Sekilas tentang StableHost

Berangkat dari hosting forum, rekomendasi hosting yang paling banyak dengan pertimbangan rasio performa:harga selain HawkHost adalah StableHost. Selain itu juga saya mendapat feedback langsung bahwa mereka siap membatu saya migrasi dan jika dibutuhkan scale-up/down dengan gampang.

Sekilas tentang HawkHost

Saya sangat tahu HawkHost, saya sudah memakainya tiga tahun lebih! apakah puas? tentu!

Terus, kenapa masih memikirkan alternatif lain jika puas? Jawaban saya adalah jenuh! saya ingin mencari opsi lain. Tentunya jika salah satu dari kedua hosting di atas membuat saya tidak puas saya akan kembalikan ke HawkHost.

**

Jika teman-teman blogger lain punya pengalaman/feedback yang bisa dibagikan terkait masalah saya di atas, jangan ragu untuk berkomentar! Saya sangat menghargai setiap komentar kalian.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment