Dari Iklan AdNow Saya Mendapatkan Komisi Rp. 120 Juta Lebih

Saya tidak pernah menyangka sudah mendapatkan komsi lebih dari Rp. 120 Juta dari AdNow. Nilai pastinya adalah USD 10768.84.

Hal pertama yang pasti akan ditanyakan teman-teman blogger adalah, berapa lama saya bisa dapat segitu?

Menurut catatan saya, pertama kali saya bergabung dengan AdNow adalah akhir bulan Desember 2015. Pembayaran pertama adalah USD 110.45. Saya tuliskan di blog personal saya. Artinya, jika sekarang adalah awal bulan 2017, berati saya sudah bergabung dengan AdNow selama 13 bulan.

Nah, pada tulisan kali ini, saya akan bercerita tentang kisah saya bagaimana awal mula bergabung dengan AdNow, isu-isu pahit tentang mereka, dan baaimana saya bisa mendapatkan penghasilah sebesar itu.

Review AdNow Native Advertising

Pertama saya bergabung dengan AdNow, saya tidak tahu sama sekali sebenarnya apa sih native advertising. Setelah saya pelajari, native advertising intinya adalah iklan yang blend-in dengan konten.

Jika tradisional seperti banner AdSense iklan mereka secara kontras jelas terlihat iklan, pada native advertising rasa iklan tersebut tidak ada.

Iklan pada AdNow berupa link yang berbentuk related-post, bisa kita tempel di sidebar atau bawah post.

Gosip Scam AdNow di ads.id

Sebuah thread yang secara official dibuat AdNow menjadi hot. Bukan karena AdNow, tetapi karena postingan salah seorang anggota AdNow yang menyebutkan bahwa AdNow scam.

Saat itu, mayoritas pembayaran menggunakan PayPal dan AdNow secara terbuka mengatakan bahwa PayPal mereka mendapat masalah karenanya berimbas pada proses pembayaran yang terlambat. Namun, karena terlalu lama, timbulah kesimpulan scam.

Posisi saya sendiri masih positif bahwa AdNow akan membayar. Tidak ada kejelasan kapan akan di pulih, saya mengganti metode pembayaran menjadi wire, yang minimal payoutnya adalah USD 250 (PayPal USD 20).

Pembayaran AdNow melalui wire.

Pembayaran AdNow melalui wire (BCA).

Akhirnya, menurut catatan saya, pada tanggal 22 Maret 2016 AdNow membayar lewat wire.

Beberapa minggu kemudian, pembayaran AdNow baik dengan PayPal maupun Wire tidak ada hambatan. Satu per satu komplain di ads.id hilang.

Sampai sekarang AdNow lancar membayar para publisher mereka.

Jenis Blog dan Rate Iklan

Review singkat saya tentang AdNow saya tulis di ads.id [fn id=”2″]. Di sana saya tuliskan blog seperti apa yang efektif untuk AdNow, seberapa besar rate mereka, dan tentunya bukti pembayaran. Di Pabelog saya akan ceritakan bagaimana saya bisa mendapatkan rate begitu tinggi dari AdNow.

Sebagai pembanding, iklan CPM paling besar untuk target audience Indonesia adalah AdSense dan Criteo. Selebihnya sangat rendah. Tetapi, jika blog kita cocok dengan iklan AdNow, CPM AdNow mengalahkan kedua raksasa iklan tersebut.

CPM Criteo vs. AdSense vs. AdNow

CPM Criteo vs. AdSense vs. AdNow

Cara saya untuk mengetahui apakah blog cocok atau tidak, saya melakukan banyak test. yaitu dengan membuat banyak blog dengan banyak niche yang berbeda-beda, selanjutnya saya pasang iklan AdNow. Saya lihat CPM mana yang paling besar, maka itulah niche yang cocok dengan iklan AdNow.

Akhirnya saya mendapatkan satu blog yang cocok dengan iklan AdNow, blog lainnya saya monetize dengan Criteo dan AdSense.

Satu blog yang saya optimized untuk AdNow itu sekarang memiliki pageviews 20k sampai 80k per harinya. Untuk mempertahankannya, saya secara konsisten melakukan update yang berhubungan dengan niche blog itu.

Metode dan Bukti Pembayaran AdNow

Setiap bulannya, saya mendapat pembayaran USD 300 sampai USD 1500. Jika kita memakai pembayaran PayPal minimal pembayaran adalah USD 20, AdNow mengenakan potongan 4.5% dari total transger. Sedangkan untuk wire, minimal pembayaran adalah 200 dan potongan USD 40 sekali transfer.

ePayment Card

ePayment Card

Sekitar bulan September 2016, mereka mengenalkan metode pembayaran baru, namanya ePayments. Metode pembayaran ini sangat istimewa, karena kita akan diberikan kartu debit berlogo MasterCard yang bisa digunakan di mana saja.

Kelebihan dari ePayments, AdNow tidak memberikan fee sama sekali. Pembayaran full 100% tanpa potongan. Hanya saja untuk mendapatkan kartu debit mereka ada biaya shipping yang tidak murah.

Minimal transaksi melalui mereka juga sangat rendah, hanya USD 10 saja. Pembayaran dilakukan secara instant, kecuali hari libur.

8 Januari 2017

Pada saat saya menulis ini, saya tidak tahu sudah berapa banyak yang saya dapatkan dari AdNow. Saat itu adalah tanggal 8 Januari 2017. Saya memutuskan untuk menulis sedikit tentang AdNow. Saya buka website mereka, masuk dan cek total pembayaran selama bergabung dengan AdNow.

Pembayaran AdNow sampai 7 Januari 2017.

Wow! saya tidak mengira medapatkan USD 10768.84. Saya sendiri tidak tahu kemana larinya uang sebanyak itu.

**

Saat ini saya sudah menyelesaikan kuliah, dan masih menikmati waktu liburan saya. Melihat pembayaran sebesar itu, saya mulai mempertimbangkan kemungkinan untuk menjadi full-time blogger.

Jangan lupa subscribe, komentar, atau bergabung di grup Pabelog untuk update cerita-cerita inspiratif seperti ini.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment