Nyobain AdPop, CPM dengan Rate Katanya Sampai 7 USD :O

AdPop

Hari senin kemarin saya mendapat email penawaran dari Eka Kozhina, beliau adalah regional manager jaringan periklanan AdPop di Indonesia. Eka menawarkan kepada saya bahwa salah satu web yang saya kelola menurutnya sangat cocok dengan AdPop. Website ini tidak lain berisi tentang konten-konten dummy.

Nah, AdPop adalah jaringan periklanan dengan jenis pop-under, iklan yang biasanya muncul ketika user melakukan suatu event (biasanya klik dan scroll). Saya sebenarnya sangat tidak suka dengan iklan jenis ini, pengalaman saya iklan ini menurunkan pengalaman pembaca, imbasnya bounce rate naik.

Spesial untuk kali ini saya akan mencobanya sampai payout. Jika payoutnya bisa mengalahkan AdNow dan AdSense saya akan mempertimbangkan untuk memasang AdPop.

Statistik Website yang Saya pasang AdPop

Menurut statistik Google Analytics, 30 hari terakhir seasson mencapai 750 ribu dan pageviews mencapai satu juta. Dari statistik itu saya mendapatkan komisi dari AdNow sekitar 180 USD dan Adsense + Criteo sekitar 600 USD. Jika saja AdPop bisa mencapai 300 USD, saya rasa itu sudah sangat bagus.

Pada saat saya menulis post ini, saya memasang AdPop sudah sekitar empat hari. Sejauh ini pendapatan AdPop belum bisa menyaingin AdNow ataupun Adsense + Criteo. Menurut Eka, algoritma AdPop akan bekerja maksimal setelah kita pasang selama 7 hari. Kira lihat saja nanti.

Dari screenshoot di atas, kita bisa lihat bahwa CPM AdPop sejauh ini adalah ~0.4 USD, artinya jauh dari 7 USD. Oh ya, sebagai gambaran, website yang saya pasang berisi konten lokal, jadi kebanyakan pengunjungnya juga lokal.

Sebagai perbandingan CPM AdNow adlah 0.3 – 1 USD, dengan rata-rata di 0.4. Tetapi AdNow memiliki fill-rate 100%. Sedangkan Adsense + Criteo CPMnya berada di kisaran 0.25 sampai 0.9 USD.

Saya tidak tahu apakah CPM ~0.4 USD untuk pop-ads di konten lokal besar atau kecil, saya minta tolong teman-teman untuk komentar dan berbagai pengalaman tengan CPM pop-ads untuk konten lokal.

Metode Pembayaran AdPop

AdPop menawarkan pembayaran melalui PayPal, Wire, dan WebMoney. Minimal pembayaran untuk PayPal dan WebMoney adalah 50 USD dan Wire 200 USD. Pembayaran dilakukan secara mingguan. Apabila pendapatan belum mencapai 50 USD, maka pendapatan akan diakumulasikan untuk minggu selanjutnya.

Jika tertarik, kamu bisa mendaftar AdPop lewat link referal saya. Dengan mendaftar lewat link referal saya, kamu secara tidak langsung sudah membantu Pabelog. 🙂

Update 5 Juli 2017

Pagi tadi saya mendapat email, kalau paypal saya ada yang isi. Saya lihat, sepertinya AdPop membayar komisi saya.

Bukti pembayaran AdPop

Bukti pembayaran AdPop

Sampai pembayaran, ternyata CPMnya tidak menyentuh 1 USD-pun, paling tinggi adalah 0.54 USD dan paling rendah adalah 0.41. Dari pembayaran di atas, saya sudah membuktikan jika AdPop membayar tepat waktu.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.