Cara Mempercepat Loading Blog lebih Advanced

Cara mempercepat loading blog dengan mudah yang saya yakin semua orang bisa sudah saya bahas kemarin di sini. Sekarang saya akan coba membahas bagaimana cara mempercepat loading blog dengan lebih advanced.

Cara mempercepat loading blog yang saya akan tulis sekarang tidak akan memakai cache plugin seperti w3 total cache atau wp super cache. Namun saya akan langsung menuliskan bagaimana plugin itu bekerja.

Sayangnya untuk blogger tidak bisa melakukan hal ini, cara mempercepat loading blog ini khusus untuk wordpraess atau kamu yang punya akses root.

Kenapa kamu harus tahu cara mempercepat loading blog ini?

Untuk melakukan cara mempercepat blog ini, kamu tidak harus punya VPS/Dedicated/Cloud server. Shared hosting juga bisa kamu maksimalkan, dan saya sarankan kamu memakai hosting yang tepat. Jika boleh kamu bisa membacanya tulisan saya di sini:

Cara yang saya gunakan untuk mempercepat loading blog adalah memaksimalkan .htaccess dan header.php. Dengan memaksimalkan dua file itu, blog kamu bisa lebih cepat 50% sampai 70%.

Jangan anggap bahwa loading blog adalah hal yang sepele atau tidak penting. Di dunia bisnis kecepatan berhubungan dengan tingkat penjualan yang dihasilkan dan sama pula di blogger. Kecepatan blog yang semakin cepat menurunkan bounce rate.

Mungkin kamu masih belum merasakannya, tapi untuk website besar seperti google, 500 mili detik mengakibatkan pencarian yang lebih sedikit.

Untuk Yahoo!, 400 mili detik yang lebih lambat mengakibatkan 5%-9& orang melakukan klik balik. Dan untuk amazon, 100 mili detik bisa mengakibatkan peningkatan atau penurunan penjualan mereka sebesar 1%-2%.

Dan google sudah menuliskan di blog dia, bahwa blog dengan loading yang cepat berpengaruh pada SERP. Baca di sini.

Cara Mempercepat loading blog dengan .htaccess dan header.php

Oke, langsung saja. Saya akan mulai menulis bagaimana cara mempercepat loading blog dengan cara ini step by step. Step 1. Gzip File Compression

Dengan mengkompres, kita bisa menurunkan respon time. Prinsipnya yaitu dengan menurunkan besar file dari respon HTTP.

Yang akan kita kompres adalah html dan css. Tapi mungkin bisa juga digunakan untuk file gambar dan pdf.

Oh yah, sayangnya tidak semua hosting memiliki fitur ini, tanyakan terlebih dahulu apakah mereka mendukung gzip file compression atau tidak. Untuk Hawkhost dan Site5 saya sudah coba dan mereka mendukungnya.

Dengan .htaccess
Sekarang kita mulai, buka .htaccess yang ada di root hosting kamu. Biasanya di hide, coba unhide dulu untuk melihatnya. Lalu klik edit.

Untuk server apache 1.3x kamu gunakan mod_gzip, tetapi untuk apache 2.0x (hawkhost) kamu gunakan mod_deflate. Lalu paste kode dibawah di baris paling atas .htaccess.

ModPagespeed on # using commands,filters etc
 

Dengan header.php
Cara ini merupakan alternatif, jika server yang kamu pakai tidak support mod_deflate atau mod_gzip. Caranya mudah, tinggal paste kode di bawah pada header.php. Step 2. Disable ETags

ETag atau Entity Tags adalah sebuah string yang digunakan untuk memvalidasi cache pada browser apakah sama dengan kode aslinya. ETag ini berpengaruh pada pengujian YSlow!, dengan tidak adanya ETag, skor Yahoo! Slow blog kita bisa bertambah.

Caranya mudah, tinggal paste kode dibawah pada .htaccess

Header unset ETag  
FileETag None

Step 3. Browser Caching

Cara mempercepat loading blog yang ke tiga ini merupakan cara yang paling bisa dirasakan oleh user. Tanpa alat uji yang saya sebutkan di “Cara Mempercepat Loading Blog bag 1” pun kita bisa menilai apakah blog kita cepat atau tidak.

Untuk user yang pertama kali mengakses blog kita, pasti tidak akan begitu merasakannya. Tetapi, untuk pembaca setia, pasti akan merasakannya.

Konsepnya, browser akan menyipan file-file yang didownload di blog kita selama periode tertentu. Jadi, ketika user kembali mengakses blog kita, dia tidak akan mendownload lagi.

Lagi-lagi saya bicara tentang server apache, untuk server NGINX saya tidak membicarakannya karena mayoritas server memakai apache.

Server apache mendukung modul mod_expires dan mod_headers. Singkatnya penjelasan mengenai keduanya adalah seperti berikut:

mod_expires digunakan untuk menentukan lama periode file yang disimpan di browser user.

mod_headers digunakan untuk mengatur respon HTTP apakah file tersebut masih ada atau sudah dihapus.

Untuk melakukan seting, kamu hanya perlu mendambahkan kode di bawah pada .htaccess.

# BEGIN Expire headers
 
 ExpiresActive On
 ExpiresDefault "access plus 5 seconds"
 ExpiresByType image/x-icon "access plus 2592000 seconds"
 ExpiresByType image/jpeg "access plus 2592000 seconds"
 ExpiresByType image/png "access plus 2592000 seconds"
 ExpiresByType image/gif "access plus 2592000 seconds"
 ExpiresByType application/x-shockwave-flash "access plus 2592000 seconds"
 ExpiresByType text/css "access plus 604800 seconds"
 ExpiresByType text/javascript "access plus 216000 seconds"
 ExpiresByType application/javascript "access plus 216000 seconds"
 ExpiresByType application/x-javascript "access plus 216000 seconds"
 ExpiresByType text/html "access plus 600 seconds"
 ExpiresByType application/xhtml+xml "access plus 600 seconds"
 
 # END Expire headers

 # BEGIN Cache-Control Headers
 
 
 Header set Cache-Control "public"
 
 
 Header set Cache-Control "public"
 
 
 Header set Cache-Control "private"
 
 
 Header set Cache-Control "private, must-revalidate"
 
 
 # END Cache-Control Headers

Pengujian

Nah, setelah kamu melakukan cara mempercepat loading blog di atas, kamu tinggal mengujinya di GTMetrix. Saya yakin skor yang kamu dapat akan lebih besar.

Ini skor yang saya dapat dulu.GTmetrix score

GTmetrix score

Untuk meningkatkan skor YSlow! saya akan membahasnya nanti di bagian “cara mempercepat loading blog bag 3”. Jadi jangan sampai ketinggalan.


Tulisan “cara mempercepat loading blog lebih advanced” ini merupakan kelanjutan dari “Mempercepat Blog dengan Cara Mudah“.

Jangan sampai ketinggalan tulisan selanjutnya, jadi jangan lupa subscribe. Jika kamu merasa terbantu, saya akan senang jika kamu memberikan plus, like, atau tweetnya.

Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan tentang cara mempercepat loading lebih advanced ini, kamu tinggal berkomentar. ;>

Jika kamu tahu cara mempercepat blog dengan cara yang lain, kasih tahu saya yah.