5 Langkah Membuat Blog Kamu Lebih Baik

Baru-baru ini thesis blog membuat sebuah post yang membuat saya sadar dan kaget tentang blog. Saya belum pernah memikirkan langkah-langkah sederhana tersebut bisa sangat berguna.

Yaitu tentang 5 langkah membuat blog kamu lebih baik, kenapa? jujur saja saya belum pernah melihat 5 langkah tersebut diterapkan pada blog lokal. Tetapi, untuk blog Bahasa Inggris saya sering melihatnya namun tidak saya sadari.

perfect blog

Jika kamu ingin membuat blog, tetapi tidak tahu harus dari mana. Baca tulisan saya tentang blogging:

From Zero to Hero

Jangan takut kalau kamu memiliki blog yang sepi trafik, ikuti langkan simpel ini dan kamu akan merasakan perbedannya. 1. Buat Profile About yang Keren

Sadar gak kalau halaman “tentang saya” (about me) adalah halaman yang paling banyak di kunjungi oleh visitor? khususnya yang baru landing.

Setelah saya cek, memang benar. Menurut google analytic saya, visitor pertama kali, biasanya membuka about page. Oleh karena itu, kita manfaatkan dan buat halaman “tentang saya” sekeren mungkin.

Apa yang harus ditambahkan?

Kebanyakan “about” page hanya mendeskripsikan tentang siapa penulis. Sadar atau tidak, visitor tidak peduli siapa kamu. Visitor hanya mencari informasi, oleh karena itu isi paragraf pertama tentang deskripsi blog kamu.

Selanjutnya baru paparkan siapa kamu.

Agar visitor kembali membaca blog kamu, simpan subscibe widget di bagian bawah. Tulis manfaat dan alasan kenapa harus subscribe.

Jika mereka belum kenal dengan subsribe tool, kasih tau apa itu. Seperti tulisan saya ini “Apa itu RSS reader? Apa manfaatnya? Bagaimana cara memakainya?”. 2. Maksimalkan Sidebar Blog

Coba pikirkan, sebuah area dimana visitor selalu melihatnya.

Yah, sidebar blog.

Masalahnya, kebanyakan blog mengisi sidebar mereka dengan hal-hal yang tidak berguna bagi visitor. Contohnya: award, alexa, link exchange, affilate, dll.

Jika saja semua itu ditempatkan pada posisi yang pas, visitor tidak akan kebingungan. Tetapi, masalahnya sidebar adalah wilayah yang vital. Sayang jika hanya dipakai untuk menampilkan itu semua.

Gunakan sidebar untuk menaruh hal-hal yang memuat kemudahan bagi visitor. Bisa diartikan juga agar loading blog tidak lama.

Beberapa hal yang seharusnya ada pada sidebar:

  • Subsribe Tool.
  • Poist List: Latest post, popular post, etc.
  • Search Widget.

Hal yang tidak perlu ada pada sidebar:

  • Link Exchange.
  • Page rank widget.
  • Award.
  • etc

3. Tulis Artikel dengan Keyword Natural

Jangan pernah menulis artikel hanya untuk mengejar keyword tanpa memikirkan kualitasnya.

Kenapa?

Apa tujuan anda menulis di blog dengan keyword? mendapatkan konversi bukan? tetapi sadarkah kamu kalau itu sia-sia saja.

Semakin hari visitor semakin cerdas. Mereka bisa memilih mana konten yang hanya dijadikan sebagai “umpan”, mana konten yang benar-benar buatan manusia.

Jika kamu hanya menulis hanya memikirkan keyword, bukan konversi yang kamu dapat, tetapi kepercayaan yang hilang dan bounce tares yang tinggi.

Setalah menulis dengan keyword natural, coba hubgunkan tiap keyword tersebut dengan tulisan-tulisan lain di blog kamu. 4. Gunakan Feature Box

Feature box adalah sebuah area dimana visitor dengan mudah akan melihatnya. Biasanya diletakan pada header.

Pada diytheme, kita bisa dengan mudah membuat feature box. Tetapi, jika kamu belum memakau thesis theme. Kamu bisa membuatnya manual.

Intinya feature box digunakan untuk menarik visitor agar bisa melihat penawaran-penawaran pada blog tersebut, lalau menkonversinya. 5. Buat Pilar Konten

Apa sebenarnya pilar konten?

Pilar konten adalah sebuah konten yang berisikan deskripsi dan penjelasan secara detail yang tidak termakan oleh waktu.

Artinya, kapanpun pembacanya membaca, pilar konten tidak akan termakan kadaluarsa. Contoh: “Cara menurunkan berat badan“.

Sedangkan yang bukan pilar konten adalah tulisan-tulisan yang bersifat update. Contoh: “Prediksi Belanda vs Spanyol, Word Cup 2010“.

Apa Selanjutnya?

Secara pribadi saya menyarankan kamu melakukannya secara terurut. Selanjutnya kamu lakukan blogging secara biasa. Tulislah konten-konten yang berkualitas. Hindari Copy Paste konten dari blog lain.

Ingat, yang membaca blog adalah manusia. Manusia mencari informasi, oleh karena itu tulislah tulisan untuk manusia, bukan untuk robot.


Bagaimana? apakah 5 hal tersbut dapat dimengerti? Kasih tahu saya tentang perkembangan blog kamu dalam beberapa mingu kedepan.